Selasa, 14 Maret 2017

Tips Merakit Pc Gaming

Hello guys... kali ini saya akan membuat tips merakit pc gaming yang benar dan tips ini juga akan membuat sobat terhindar dari jebakan toko. Merakit pc gaming adalah merakit komputer atau pc dengan komponen yang disesuaikan untuk dapat dimainkan dengan resolusi terbaik. Dalam merakit sebuah pc apapun pcnya apakah gaming, design, ataupun rendering kita harus paham dan benar memilih komponen-komponen yang digunakan.

Didalam tips merakit pc gaming ini kita bisa menggunakan beberapa alternatif pembagian budget salah satu alternatifnya kita bisa membaginya menjadi 3 bagian dari budget yang sobat punya dan untuk kalian yang hanya punya Smartphone baca juga : Cara Menjadi YouTubers Gaming Android 



1. Low End


Bagi sobat yang punya budget minim sobat bisa masuk ke bagian low- end merakit pc gaming ga harus mahal pc gaming low end cocok bagi sobat yang ingin punya pc gaming keren dengan budget minim, walau ga sampai rata kanan tapi pc gaming ini dapat memberikan kesan bermain game yang sama seperti pc mahal. Merakit pc dengan low end juga dapat menjadi future proof jika sobat tepat memilih komponen komponennya.



2. Mid End


Setelah low end bagi sobat yang punya budget agak lebih dinamakan mid end dengan pc mid end sobat bisa merakit pc gaming dengan tampilan rgb yang keren juga dengan kualitas yang keren, dengan pc ini sobat bisa bermain rata kanan dengan 30-40 Fps di resolusi 1080 atau hd. 

3. High End


Dann pc gaming ini adalah pc gaming spek dewa, pc gaming ini adalah pc gaming bagi kalian yang punya budget lebih, pc gaming ini sangat cocok bagi kalian gamers yang sudah menghasilkan atau kalian gamers profesional. Dengan pc ini kalian dapat mendapat pc gaming dengan tampilan kece dan kualitas mumpuni untuk masalah performa dengan pc gaming high end  kalian bisa mendapat 60+ Fps dengan resolusi hd bahkan kalau budget sangat lebih sobat bisa sampai ke resolusi 4K.

Setelah membahas tentang pembagian budget kali ini kita akan masuk bagian pemilihan komponen, komponen yang sobat pilih harus sesuai dengan komponen lainya terutama motherboard, dalam memilih motherboard sobat harus benar benar teliti karena kalau salah pilih maka habis sudahlah... komponen sobat yang lain tidak work dan tidak akan berjalan di pc gaming rakitan sobat.

1. Motherboard


Dalam memilih motherboard kalian harus paham dan benar memilih socket maupun chipset, contohnya pada prosesor sobat harus benar memilih socket prosessor dengan socket di motherboard seperti prosesor sobat adalah AMD Ryzen 1700x maka carilah socketnya, setelah menemukan socket prosessor maka belilah motherboard yang sesuai, AMD Ryzen 1700x socketnya adalah am4 jadi pilihlah motherboard yang support am4, maka jawabannya adalah MSI B350 yang support Am4. Selain socket prosessor di dalam pemilihan ram kalian juga harus tepat  jika di motherboard suport ddr4 maka sobat juga harus membeli ram ddr4 jangan ddr3 hehe.



2. Prosesor




Prosesor adalah otak pada komputer lambat atau cepatnya kinerja pc ditentukan oleh prosesor walaupun disisi lain ram yang melaksanakan tugas mengolah data. Untuk prosesor banyak kalangan yang masih belum mengerti dan masih ragu untuk memilih AMD atau Intel sebenarnya kedua prosesor ini sama dan tak bisa dibandingkan dari segi kualitas tetapi prosesor AMD biasanya lebih murah jadi untuk sobat yang memiliki budget mepet sobat bisa memilih AMD tetapi jika sobat punya budget lebih kenapa tidak ambil Intel? Tapi ingat yang murah tak selalu AMD dan yang mahal tak selalu Intel, AMD juga punya prosesor dewa dengan harga masih terjangkau yang siap menyaingi prosesor Intel dialah ryzen dia adalah prosesor terbaru AMD yang siap menyaingi prosesor kelas atas Intel dengan harga yang jauh berbeda.


Untuk memilih prosesor gaming saya menyarankan menggunakan prosesor Quadcore atau prosesor yang menggunakan 4 core dalam kinerjanya, dengan prosesor Quadcore kinerja pc gaming sobat akan sesuai dengan apa yang sobat inginkan. Untuk sobat dengan budget minim sobat bisa memilih prosesor AMD karena prosesor AMD lebih murah tapi berkelas, contohnya saja di prosesor AMD Vishera FX 6300 prosesor AMD ini harganya hanya sekitar 1.2 Jt tetapi dengan 6 core dan kecepatan 3.5 ghz.



3. Video Graphics Array




Video Graphics Array atau yang biasa disingkat VGA adalah bagian terpenting dari sebuah pc gaming karena kualitas graphic akan diurus oleh VGA semakin bagus VGA yang sobat pilih maka semakin bagus pula kinerja pc sobat. Untuk pc gaming sobat perlu VGA yang mempunyai kualitas tinggi kualitas VGA bisa dilihat dari berbagai sisi untuk melihatnya bisa dimulai dari jalur data atau biasa disebut "bit" bit yang saya sarankan dalam memilih Vga gaming adalah 256 bit. Setelah. Melihat bit selanjutnya adalah vram dari sebuah VGA vram adalah kapasitas penyimpanan data dari sebuah VGA semakin besar vram VGA berarti makin bagus juga VGA itu. Selanjutnya yang akan kita cek adalah bose clock atau kecepatan dari VGA itu sendiri semakin cepat tentu semakin bagus dan biasanya untuk base clock sendiri bisa di overclock. 



4. Ram 




Random Acsess Memory atau biasa disingkat ram adalah sebuah alat penyimpan untuk mengurus data yang ada di pc sobat, semakin besar sobat memilih ram maka semakin cepat pc sobat mengeluarkan perintah yang sobat berikan sama seperti prosesor. Dan ram yang sobat pilih untuk merakit pc gaming sebaiknya tidak kurang dari 4 gb karena 4 gb adalah ram paling minim untuk merakit sebuah pc gaming namun jika sobat punya budget lebih sobat bisa memakai ram 8 gb. Untuk memilih ram dengan kecepatan 2400 sampai 3000 keatas.



5. Hardisk & SSD




Hardisk & SSD adalah dua ruang penyimpanan untuk hardisk sobat bisa menyimpan berbagai software dan game sobat di hardisk sedangkan di SSD sobat bisa menyimpan sistem dan aplikasi yang sobat pilih agar bisa berjalan dengan baik. Untuk memilih Hardisk pilihlah hardisk bagus dengan kecepatan sekitar 7200 rpm dan untuk SSD sobat tidak perlu pilih yang terlalu besar hanya sekitar 120 gb juga sudah cukup karena harga SSD yang relatif lebih mahal. 



6. Power Suply 




Power Suply atau biasa di dengan PSU adalah komponen penting untuk keberlangsungan hidup komponen pc yang lain karena jika sobat memilih proice, vga dan mobo yang bagus tentu PSU yang sobat pilih juga harus bagus karena tanpa psu darimana aliran listrik akan diberikan kepada pc?? Untuk PSU yang cocok untuk pc gaming pilihlah PSU yang sesuai dengan aliran daya yang dibutuhkan setiap komponen pc. 


Dan saat memilih psu pilihlah PSU yang berlogo 80+ karena dengan 80+ aliran daya yang diberikannya adalah 80% dan jika bisa pilihlah PSU yang modular, modular adalah jenis PSU yang kabelnya bisa dicabut yang untuk menata pc gaming tapi jika memilih yang modular tidak semua kabel bisa dicabut/dilepaskan pilihlah full modular jika ingin mencabut/melepaskan kabel yang tidak diperlukan. Untuk pc gaming JANGAN SEKALI KALI MENGGUNAKAN PSU BAWAAN CASING! kenapa saya menggunakan caps lock karena banyak orang yang menghemat budget dengan menggunakan PSU bawaan karena itu saya mengingatkan jangan dipake karena berbahaya bagi kesehatan komponen pc gaming sobat!



7. Casing




Dalemannya ganteng, peforma dalemanya ganteng masa ga pake baju? Ya pakke dongg.. casing, casing adalah tempat kita menyimpan semua komponen komponen kita, pilihlah casing bagus dengan ukuran besar agar sobat bisa menambah atau mengganti komponen lain jika nanti di masa depan sobat upgrade pc jadi sobat ga usah beli casing lagi.



Kesimpulan


Kiranya sekian postingan saya mengenai Tips Merakit Pc Gaming ini dan akhir kata Memilih pc gaming haruslah sesuai dengan budget dan komponen komputer yang dipilih harus cocok dengan komponen lain dan harus pas. Jadi rakit pc itu ga boleh sembarangan karena banyak jebakan toko yang memberi kita Intel core i7 tapi vganya ge force 660 padahal budget kita 10 juta rugi kan? Jadi berhati-hatilah dan jika ada yang mau ditanyakan silahkan tanya dikomentar yaa..

Load disqus comments

0 komentar